05 September 2011

lebaran cihuyyy

Lebaran tahun ini adalah lebaran tahun kedua saia di Batam. Yang artinya ditahun inipun saia tidak bisa ngumpul-ngumpul bareng temen-temen kuliah, ikutan reuni temen-temen SMA dan ga' bisa ikutan mudik bareng Bunda & Dek Imam ke Pulau Kangean, kira-kira sudah 10 tahun-an ga' pernah lagi ketemu sama keluarga dari Bunda disana :( 
Pulau kangean itu berlokasi di sebelah timur pulau Madura, masih termasuk kabupaten Sumenep. Etnis madura mendominasi jumlah penduduk disini, bahasa sehari-hari adalah bahasa madura, cuma beda dialek sama bahasa madura yg dipulau induknya. Keciiiiiiiilll bgt pulaunya, listriknya pun idup cuma malem doank, jadi bisa dipastikan pagi sampe sore ga' bakalan bisa nonton tipi, baru dihari Minggunya, listrik bisa hidup seharian *ga' ngebayangin betapa tersiksanya kl saia hidup disana*. Tapi, disanalah saia dilahirkan 25 taun yg lalu. Meskipun cuma numpang lahir doank, kecintaan saia pada pulau ini takkan lekang dikikis waktu.
Sengsara ga' bisa mudik

Topik chatting sama temen-temen entah sms/FB/YM pun ga' jauh-jauh dari "kapan mudik Ka?" ato "Ka, bisa dateng kan diacara reunian?" dan yg lebih bikin sengsara lagi "Udaahh, ngapain juga ngumpulin duit banyak-banyak disitu, lebaran sekali setaun ini, ga' bakal bikin Lu miskin!". Huuuaaaa, sudah berasa jadi "Bang Toyib" aja kalo begini mah.

Ya sud lah yaaa, intinya lebaran taun ini lagi-lagi saia ga' bisa mudik ke kampung halaman.Titik.

Tapi bukan Ika namanya kalo cuma gara-gara ga' bisa mudik terus meringkuk dikamar sambil melototin langit-langit kamar meratapi nasib, OFKORS NO!, gemana caranya pasti akan saia lakukan demi lebaran teteup bisa dibikin seru-se-seru-seru-nyah!.

Unjung - mengunjung

Well, pagi-pagi pas hari lebaran, udah biasa lah ya, berangkat ke Masjid kompleks buat sholat Ied (baru tau bo' nama Mesjidnya ternyata An-nur, padahal dari dulunya saia kira Al-Falah *cape' deh!*). Selesai sholat, lanjut ke acara unjung-unjung tetangga *sejujurnya, disinilah terkuak kenistaan para lajanger's itu seperti apa dimana telah ditetapkan bahwa tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan sesuap-duasuap-tigasuap nasi atau lontong atau kue-kue kering, setoples juga boleh lahhh :D.

Ga' banyak yg bisa saia ceritakan masalah unjung-mengunjung ini, palingan juga ke tetangga-tetangga kompleks, lanjut ke rumahnya temen-temen kantor yang pastinya harus dikategorikan sudah married. Kenapa harus yg sudah married? karena klo unjung-unjungnya ke rumah sesama lajang, percuma ccyiinnn, palingan juga ga' ada apa-apa disana (apa-apa disini maksutnya yg bisa dilahap sama manusia loh!!). Kalo unjung-unjungnya kerumah yg sudah married kan urusan perut bisa dipastikan terjamin, minimal kue-kue sudah terhidang, dan lebih senengnya lagi klo kita dapet jackpot kayak nasi/lontong + opor ayam segala macem, pokoknya hidangan kelas berat lah. 

Timing unjung-unjungpun harus disetting sedemikian rupa. Kalo ngga' pagi menjelang siang ato malem sekalian. Lumayan kan buat kesehatan kantong? minimal pengeluaran buat makan berkurang lah, yg biasanya habis sampe 20 rebong, bisa hemat 10 rebong-an. Bwuahahaha, jenius sekali memang. 

Hidangan-hidangan kelas berat yg disuguhin masing-masing rumah pada saat open house *ceileeee, Open House!!!* berbeda-beda. Biasanya sih sesuai derah asal masing-masing. Misalnya nih, klo yang dari Palembang biasanya nyuguhin empek-empek, dari Jawa nyuguhin opor ayam + sambel goreng ati, bakso ato tekwan, yg dari medan nyuguhinnya soto Medan, orang Padang nyuguhin sate Padang, pokoknya macem-macem lah. Saianya sih asik-asik aja, selama masih nyambung sama lidah & perut sih, hajjjjaarrrr bleehhh!!!!. Kalo masalah kue-kue, incaran utama saia sudah bisa dipastikan NASTAR sama kue kering yg isinya abon (lupa namanya apaan). Jadi, hati-hati buat tuan rumah yg nyuguhin dua jenis kue itu, bisa-bisa cuman sisa separo toples.  

Durasi unjung-mengunjung ini qta lakukan selama 3 hari-an lah, tp sejak lebaran hari kedua, qta berkeliarannya cuman bisa malem, paginya sudah kerja bo'. Disini qta libur lebaran cuma sehari doank, makanya, banyak-banyak lah bersyukur buat temen2 di Jawa, yg rata-rata baru masuk kerja Seninnya lagi *ngiribanget.com*.

soto Medan : suguhan rumah mas Iwan yg istrinya orang medan
bakso : suguhan rumah pak Wiguna belakang rumah.
tekwan : suguhan rumah pak Rekso Pang

Dan akhirnya, qta bisa berpose kembali seperti taun lalu dengan personel yg sama:

ini dia para lajanger's (ki-ka): Zacky, Ika, Maslun & Zuhdi
ha ha...nista!!! bagai disurga'...opornya nuendang bgt!!! bagosssss...


baju lebarannya matching sama cat rumah-e Mas Arief :D *ga' nyadar kl sama-an*

Related Post :






















































































































































































Tidak ada komentar: